Sabtu, 06 Desember 2014

Pemasaran

BAB. 5 PEMASARAN

I. PENGERTIAN 

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasayang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang adad maupun pembeli potensial (Basu dan Hani 2004:4).

Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).

Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Tiga unsur konsep pemasaran:
  1. Orientasi pada konsumen
  2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
  3. Kepuasan Konsumen

II. JENIS-JENIS PASAR

Pasar secara umum diartikan sebagai tempat penjual menawarkan barang atau jasa sesuai taksiran harga penjual serta pembeli mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan taksiran harga pembeli. Pengertian pasar dalam ilmu ekonomi lebih konseptual, yakni bertemunya permintaan dan penawaran. Dengan demikian sebuah pasar tidak harus dikaitkan dengan suatu tempat. 



Dalam kehidupan sehari-hari, pasar tentunya sangat penting. Karena pasar memiliki fungsi sebagai berikut.
  1. Pembentukan nilai harga
    Pasar berfungsi untuk pembentukan harga (nilai) karena pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling menawar dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan suatu hasil dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.

  2. Pendistribusian
    Pasar mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen secara langsung. Pendistribusian barang dari produsen ke konsumen akan berjalan lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.

  3. Promosi
    Pasar merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan (mempromosikan) produk-produknya kepada konsumen. Karena pasar akan selalu dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak diundang.
Jenis - Jenis Pasar 

1. Klasifikasi Pasar :
- Pasar Tradisional
- Pasar Modern

2. Pasar menurut luas jangkauan :
- Pasar Daerah
- Pasar Lokal
- Pasar Nasional
- Pasar Internasional

3. Pasar menurut wujudnya :
- Pasar Konkret
- Pasar Abstrak

4. Pasar menurut barang yang diperjualbelikan :
- Pasar Barang Konsumsi
- Pasar Barang Produksi

5. Pasar menurut waktu penyelenggaraan :
- Pasar Harian
- Pasar Mingguan
- Pasar Bulanan
- Pasar Tahunan
- Pasar Temporer

6. Pasar menurut organisasinya :
- Pasar Persaingan Sempurna 
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna
- Pasar Monopoli dan Monopsoni
- Pasar Persaingan Monopolistis
- Pasar Oligopoli dan Oligopsoni


III. MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemasaran dirumuskan sebagai suatu proses manajemen yang meliputi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Kegiatan ini bertujuan menimbulkan pertukaran yang diinginkan, baik yang menyangkut barang dan jasa, atau benda-benda lain yang dapat memenuhi kebutuhan psikologis, sosial dan kebudayaan. Proses pertukaran dapat ditimbulkan baik oleh penjual, maupun pembeli yang menguntungkan kedua belah pihak. Penentuan produk, harga, promosi dan tempat untuk mencapai tanggapan yang efektif disesuaikan dengan sikap dari perilaku konsumen, dan sebaliknya sikap dan perilaku konsumen dipengaruhi sedemikian rupa sehingga menjadi sesuai dengan produk yang ditawarkan perusahaan.





Sumber :
http://eprints.uny.ac.id/8708/3/bab%202%20-09410134003.pdf
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran
http://ssbelajar.blogspot.com/2014/03/pengertian-manajemen-pemasaran.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar